O-Ranger

O-ranger merupakan mitra Pos Indonesia yang bertugas untuk memasarkan produk Pos Indonesia dan melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area. Ruang lingkup penjualan O-Ranger yaitu pemasaran dan penjualan produk jasa kurir pada segmen ritel.


Tugas Utama O-Ranger antara lain:

  1. Direct selling (kegiatan penjualan langsung dengan mendatangi pelanggan).
  2. Pick up service (layanan antar jemput kiriman tanpa dipungut biaya).
  3. Canvassing (kegiatan pendataan pelanggan).

Sasaran pasar O-Ranger adalah:

  1. Merchant/Pebisnis Online.
  2. Toko dan pedagang di Pusat Perbelanjaan/Pusat Grosir/Toko Oleh-oleh.
  3. Usaha Kecil dan Menengah
  4. Perkantoran
  5. Perumahan/Apartemen/Residensial

Cara kerja O-ranger dapat digambarkan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Menawarkan produk yang sudah dijelaskan sebelumnya kepada calon pelanggan di lokasi penjualan yang sudah ditentukan.
  2. Calon pelanggan yang tertarik akan didata oleh O-ranger melalui aplikasi terkait info barang beserta tarifnya.
  3. Pelanggan kemudian memberikan barang dan uang kepada O-ranger dan diberi resi digital kemudian barang pun masuk ke dalam tas angkutan O-ranger.
  4. Pelanggan yang telah terdaftar selanjutnya dapat meminta penjemputan barang di manapun dan kapanpun.
  5. Setelah selesai dengan satu pelanggan, O-ranger kembali mencari calon pelanggan lain.
  6. O-ranger dapat menerima request pick up dari pelanggan yang menggunakan aplikasi Pos Aja
  7. Apabila calon pelanggan yang ditawari produk menolak, O-ranger melakukan canvassing. Yakni, mendata nama pelanggan atau nama toko, alamat, jenis barang dan nomor telepon.
  8. Setelah tas angkutan dirasa cukup penuh, O-ranger dapat menyerahkan barang-barang tersebut ke titik layanan pos terdekat dan kembali mencari calon pelanggan selanjutnya.
  9. Setelah tas angkutan dirasa cukup penuh, O-ranger dapat menyerahkan barang-barang tersebut ke titik layanan pos terdekat dan kembali mencari calon pelanggan selanjutnya.

Manfaat menggunakan jasa O-Ranger bagi pelanggan:

  1. Pengiriman paket tanpa perlu ke Kantor Pos.
  2. Tidak dipungut biaya penjemputan.
  3. Layanan pengiriman ke seluruh Indonesia dan Luar negeri.

O-Ranger Loket


O-Ranger Loket adalah kemitraan antara Perusahaan dengan mitra perorangan pada bidang layanan di loket.


Prinsip O-Ranger Loket yaitu bersifat hubungan bisnis kemitraan yang berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan tidak dimaksudkan untuk hubungan kerja yang tetap maupun tidak tetap.

O-Ranger Loket dipekerjakan pada loket di Kantor Cabang Utama, Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Loket ekstensi, atau loket e-mobile  di wilayah kerja Kantor Cabang Utama / Kantor Cabang tempat mendaftar.


Tugas pokok O-Ranger Loket adalah memberikan pelayanan kepada pelanggan yang bertransaksi di loket, melakukan aktivitas cross selling dan upselling serta penawaran dan edukasi layanan kepada pelanggan di loket.

Imbal jasa O-Ranger Loket  dihitung berdasarkan pencapaian terhadap Service Level Agrement diantaranya:


1. Melakukan layanan transaksi di loket denganjumlah produksi minimum 3000 (tiga ribu) transaksi per periode.

2. Durasi jam kehadiran O-Ranger Loket adalah minimal 200 jam per periode, dihitung berdasarkan jam check in dan check out.

O-Ranger Antaran

O-ranger Antaran adalah pola kemitraan bisnis dalam pelaksanaan antaran kiriman pos yang diikat dengan perjanjian kerjasama kemitraan baik perorangan maupun badan usaha dengan pola imbal jasa.

 

Prinsip-prinsip O-Ranger antaran yaitu bersifat hubungan bisnis kemitraan yang berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan tidak dimaksudkan untuk hubungan kerja yang tetap maupun tidak tetap.

 

Tugas pokok O-Ranger antaran yaitu melakukan antaran kiriman surat dan paket kepada penerima kiriman di lokasi yang telah ditetapkan dengan tata cara sesuai dengan standard Perusahaan.

 

Benefit yaitu berupa imbal jasa tiap kiriman dan juga bonus pencapaian target kinerja yang telap ditetapkan.